Kamis, 26 Desember 2013

Peralatan Tempur Koas

Selamat datang semuanya...
Kali ini ane pengen berbagi tentang peralatan tempur yang perlu dibawa ama Koas alias dokter muda. Ga lucu kan mo perang tapi ga bawa senjata. Yuk mari kita kupas satu persatu...

  1. Buku catatan dan Pena, kegunaan peralatan ini untuk nyatet hal-hal tentang pasien buat follow-up/visite dokter (mulai dari nama, diagnosisnya, keluhannya, tanda-tanda vitalnya dst.), nyatet list tugas yang dikasih oleh dokter pembimbing, buat nyatet hal-hal penitng terkait stase yang dijalani. Tips: Buku catatan sebaiknya ga usah besar, cukup yang muat disaku jas koas.
  2. Stetoskop, 
    fungsi buat mendengarkan isi hati kamu (hehehe bercanada), fungsi alat ini buat dengerin suara nafas, suara jantung terus ga kalah penting buat dengering suara sistolik n diastolik ketika meriksa tekanan darah pasien.Hati-hati jangan sampai alat ini ketingggalan dibangsal ato di IGD, kalo ketinggalan kecil kemungkinan bat ditemuin.
  3. Sfigmomanometer/tensimeter, 
    fungsi alat ini buat meriksa tekanan darah. jangan lupa pake stetoskop juga ya, supaya bisa nentuin tekanan diastolik juga. Tips, sebaiknya pilih tensimeter yang pake jarum aja, soalnya lebih ringan n lebih ekonomis.
  4. Termometer, 
    fungsinya buat meriksa suhu tubuh. Sebaiknya pake yang digital, soalnya lebih gampang baca hasilnya.
  5. Pen light, fungsinya buat meriksa reflek pupil, meriksa bagian dalam mulut dll.
  6. Palu reflek, alat ini biasanya dipake ketika stase saraf. Fungsinya buat meriksa reflek fisiologis n refleks patologis.
  7. Laptop, alat yang ga kalah penting meski ga selalu dibawa. Fungsinya buat ngerjain tugas, buat internetan, buat facebookan, buat ngegame,buat nonton film ketika bete jaga bangsal ato IGD.
Tips: berilah tanda pada peralatan milik Anda, untuk menghindari ketuker sama punya temen, dan jaga baik-baik peralatan yang Anda miliki soalnya kalo ilang bukan tangung jawab ane, hehehe.
Oke, guys... sekian postingan  ane kali ini semoga bermanfaat... kalo ada kekurangan silahkan ditambahkan... Kalo ada salah ane mohon maaf...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar